Artikel

Beban Volume Tinggi Jalur Mudik Tol Trans Jawa, Tekan Risikonya Melalui Asuransi Insureka!

Argia News
min Read
May 25, 2022

JALUR mudik Lebaran memiliki volume beban risiko tinggi. Risiko muncul bisa dalam bentuk angka kecelakaan, tindak pencurian (kriminalitas), hingga faktor alam. Muaranya kerusakan pada unit mobil yang memunculkan pembiayaan besar hingga korban melayang. Serupa beban terbesar jalur mudik Tol Trans Jawa pada edisi Lebaran tahun ini. Namun, risiko bisa ditekan melalui asuransi mobil terbaik Insureka!. Sebab, asuransi mobil online tersebut memiliki fitur canggih berbasis simply smarter.

Edisi mudik Lebaran 2022 menjadi fenomena yang luar biasa. Setelah 2 edisi Lebaran tanpa aktivitas mudik, maka tahun ini seolah menjadi pelampiasannya. Volume pergerakan kendaraan mudik Lebaran 2022 dengan durasi H-10 hingga H-1 bahkan menciptakan rekor tersendiri. Dengan poros pergerakan dari Jabodetabek menuju daerah, traffic kendaraan mencapai 1,7 Juta unit. Angka tersebut naik 9,5% dari kondisi mudik Lebaran 2019 atau sebelum munculnya pandemi Covid-19.

Pergerakan volume pemudik mengarah kepada 3 pintu keluar. Ada arah barat, timur, dan selatan. Arah barat menuju Merak, lalu selatan menggunakan alur Puncak. Untuk arah timur menggunakan alur Tol Trans Jawa dan Bandung. Dari ketiga alur keluar tersebut, Tol Trans Jawa dan Bandung memiliki beban tertinggi. Alur ini dilalui oleh 53,8% pemudik dari slot total 1,7 juta unit kendaraan. Beban tersebut tentu sangat tinggi hingga memunculkan banyak risiko mulai dari kemacetan hingga terjadinya kecelakaan.

Kemacetan atau kecelakaan yang ditimbulkan tentu mendatangkan kerugian. Untuk volume kemacetan mengakibatkan pemborosan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) hingga kerugian waktu. Bila dikonversi ke dalam nominal uang tentu mengakibatkan pembengkakan pembiayaan. Belum lagi insiden kecelakaan dengan tingkat kerugian minimal pembiayaan. Adapun kerugian kecelakaan juga bisa menjadi maksimal dengan korban nyawa sebagai tumbalnya.

Lalu, bagaimana dengan alur mudik lainnya? Untuk volume alur mudik arah barat dengan pintu Merak dilalui oleh 27,6% kendaraan pemudik. Adapun jalur selatan menuju Puncak dilewati 18,7% pemudik. Sama seperti jalur Tol Trans Jawa dan Bandung, risiko yang dihadapi pemudik yang melewati alur Merak dan Puncak juga sama besar. Kondisi semakin kritis manakala kondisi topografi ikut menjadi bumbunya, seperti yang terjadi pada jalur selatan dengan alur Puncak.

Menilik tingginya risiko yang dihadapi pemudik melalui 3 alur mudik Lebaran 2022, maka proteksi maksimal yang harus dimiliki. Kondisi tersebut juga berlaku untuk situasi normal non mudik atau balik Lebaran. Setiap unit yang melaju di jalan raya memiliki risiko sama besar untuk memunculkan kerusakan. Volume tingkat kerusakan mungkin beragam, namun ujungnya tetap pembiayaan. Dan, siapapun wajib memiliki kesiapan dana ekstra saat risiko tersebut muncul.

Kondisi semakin rumit karena risiko tidak bisa ditebak tata waktunya. Artinya, tindakan prevenstif sangat diperlukan di sini sebagai faktor pengalih risiko. Dengan kapasitasnya, asuransi mobil online terbaik Insureka! sangat ideal sebagai protector dan faktor pengalih risiko. Sistem Insureka! didesain online sehingga mudah dan cepat. Cukup dari smarphone, proses registrasi pendaftarannya hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit. Polis asuransi sudah diterbitkan dalam kurun 24 jam. Kalau registrasi dilakukan saat ini, maka bonus 25% dan cashback 15% akan diberikan.

Cashback-nya bahkan sempat menggelembung maksimal menjadi 25% dengan tata waktu registrasi pendaftaran sepanjang Ramadhan hingga 10 Mei 2022. Saat registrasi pendaftaran hanya memerlukan input data dasar seperti, merk mobil, model, tipe unitnya, tahun aktivasi, hingga kode area plat nomor. Dari data ini akan didapatkan nilai asuransi. Nilai tersebut juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penentuan angka acuannya didasarkan oleh batas atas dan batas bawah.

Jika konsumen melakukan registrasi saat ini, maka bonus 25% akan diberikan termasuk diantaranya cash back 15%. Kemudahan online juga ditawarkan dalam proses klaimnya. Member Insureka! hanya perlu memfoto bagian-bagian mobil yang rusak dan mengunduhnya ke sistem Insureka!. Sertakan pula kronologis penyebab kerusakannya. Semakin lengkap dan cepat, maka durasi waktu proses approval bisa dilakukan lebih singkat. Untuk informasi detail lainnya bisa datang ke kantor Insureka! dengan alamat AXA TOWER 29th Floor, Suite #06B, Jl. Prof. DR. SatrioKav.18, Kuningan, Jakarta.(*)