Artikel

Salah Arah Ekonomi Negara Maju, Justru Jadi Bumerang

Argia News
min Read
November 15, 2022

Salah

SALAH arah implementasi kebijakan ekonomi justru dilakukan oleh negara-negara maju. Kebijakan ekonomi melalui exit policy yang diterapkan oleh negara-negara maju justru menjadi boomerang. Fomula normalisasi kebijakan ekonomi yang dijalankan justru menghadirkan permasalahan baru. Mereka terancam resesi ekonomi tahun depan. Regulasi exit policy tersebut juga memberikan dampak negatif bagi pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang.

Salah arah kebijakan ekonomi dijalankan oleh negara kuat di dunia. Sebab, negara dengan kekuatan ekonomi besar tersebut menerapkan kebijakan exit policy secara masif. Sebut saja langkah The Fed, Bank Sentral Ameri Serikat, yang agresif menaikkan suku bunga acuannya. Cara itu dilakukan untuk meredam inflasi tinggi di negaranya. Hanya saja, kebijakan itu berdampak buruk kepada negara berkembang. Sebut saja, capital outflow masif di pasar obligasi.

Salah

Kebijakan salah arah tersebut juga mengakibatkan merosotnya nilai tukar mata uang pada negara-negara berkembang. Sebagai gambaran, Indonesia mengalami penurunan nilai tukar mata uang hingga 8% sepanjang 2022. Nilai tukar rupiah terhadap USD bahkan sempat berada pada angka Rp15.700,-. Semakin menarik, kebijakan exit policy ternyata memberikan arus balik bagi negara yang menerapkan. Saat ini Amerika Serikat, Inggris, hingga negara Eropa terancam resesi ekonomi tahun depan.

Seiring kebijakan salah arah exit policy tersebut, keuntungan justru didapatkan negara-negara berkembang. Sebab, negara yang terkena dampak buruk exit policy berpotensi mendapatkan posisi keringan margin suku bunga acuannya. Untuk menekan dampak exit policy, negara maju secara ekonomi tersebut diprediksi akan mengendurkan laju kenaikkan suku bunga acuannya. Sebab, Bank Sentral Kanada sejauh ini sudah mengendurkan kembali suku bunga acuannya. The Fed mungkin akan menysul.

Proteksi Risk Melalui Polis Asuransi Terbaik

Salah arah kebijakan ekonomi negara maju justru membawanya ke pinggir jurang resesi ekonomi tahun depan. Bagi masyarakat, tetap mewaspadai efek dari resesi global tahun depan. Terkait dengan efisiensi aset, maka sistem proteksi wajib diterapkan melalui brand terpercaya Insureka!. Memiliki tagline Simply Smarter, proses pengurusan polisnya semakin cepat, mudah, dan tanpa survei. Lalu, semua aspek dari Insureka! sangat mendukung untuk melindungi mobil. Proses registrasi ke dalam sistem hanya dilakukan 3 menit.

Insureka! bahkan langsung menerbitkan polis asuransi paling lambat 24 jam. Semakin menarik, ada beragam benefit yang ditawarkan apabila registrasi dilakukan saat ini. Sebagai perhatian, saat melakukan registrasi ke dalam sistem, calon member Insureka! wajib menginput data primer. Komposisi data primernya adalah merk mobil, model, tipe unitnya, tahun aktivasi, hingga kode area atau kota plat nomornya. Dari data tersebut akan diketahui nilai asuransinya.

Pengajuan Klaim Asuransi

Serupa registrasi pendaftaran, proses pengajuan klaim insureka! juga sangatlah mudah dan cepat. Ada beberapa persyaratan utama yang wajib dipenuhi saat klaim diberikan. Saat klaim diberikan, maka member wajib menyertakan dokumen KTP, SIM, STNK, Kronologis Kejadian, dan Foto Kerusakannya. Klaim tidak bisa dilanjutkan apabila SIM pengemudi habis masa berlakunya. Artinya, pengemudi EV atau mobil BBM yang diasuransikan harus selalu dilengkapi SIM yang sah dan aktif masa berlakunya. Namun, pengecualian ini tidak berlaku atas risiko mobil dalam posisi terparkir.

Adapun proses klaim para member bisa dilakukan secara mandiri maupun melalui bantuan operator. Untuk pengajuan klaim secara mandiri, member wajib mendownload Aplikasi insureka! melalui Play Store atau App Store secara gratis. Kalau aplikasi terpasang bisa mulai surfing dengan penyesuaian bahasa dan dilanjutkan sign in dan mengisi register. Bila sudah masuk, cari folder claim di bagian bawah. Klik ‘claim’ lalu ikuti petunjuk berikutnya.

Proses klaim dimulai dengan menginput nomor registrasi kendaraan dan polis. Pastikan informasi dan data yang tersaji sudah benar. Perhatikan detail data pertanggungannya mulai dari Comprehensive Basic, Comprehensive Premium, atau Total Loss Only. Isi data untuk tipenya dengan meng-klik ‘Tipe Kehilangan’ atau ‘Tipe Kerusakan’. Pastikan informasi terisi dengan benar untuk ‘Pemberitahuan Kehilangan Pertama.’ Komposisi informasinya mulai dari Tanggal, Waktu/Jam, Lokasi Kejadian, Deskripsinya, dan Lokasi Kendaraan Sekarang.

Salah

Lalu, klik folder ‘Simpan dan Lanjutkan’. Untuk melanjutkan proses klaim, silahkan pilih opsi proses survei untuk kendaraan. Survei bisa dilakukan mandiri atau dengan bantuan insureka!. Bila menggunakan survei dengan bantuan insureka!, silahkan isi data berupa ‘Lokasi Kendaraan Saat Ini’ dan ‘Tetapkan Lokasi Kendaraan Anda’. Bila data sudah benar langsung klik ‘Kirim’. Scan dokumen seperti STNK, KTP, dan SIM. Jangan lupa dokumentasikan unit mobil dalam format video dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Semakin menarik, Insureka juga memberikan beragam benefit selama proses klaim. Para member Insureka! lainnya bisa mendapatkan subsidi Rp100 Ribu per Hari bila mobil menjalani ‘rawat inap’ di bengkel. Regulasi subsidi ini dicairkan bila rawat inap lebih dari 5 hari. Syarat lainnya, unit mobil mengalami kerusakan pada 3 panel sekaligus. Adapaun panel kerusakan mobil bisa berada di depan, samping kanan, samping kiri, belakang, atau atap. Ada juga fasilitas unit pinjaman selama EV atau mobil BBM menginap di bengkel.

Kebijakan ini tentu sangat menguntungkan karena aktivitas nasabah bisa terus berjalan normal. Benefit semakin menggiurkan karena member insureka! bisa mendapatkan mobil baru sebagai pengganti mobil lama. Syaratnya, tingkat kerusakan mobil di atas 75% dari harga mobil tersebut. Untuk informasi asuransi lebih lengkap, masyarakat bisa mendatangi kantor Insureka! di alamat AXA TOWER 29th Floor, Suite #06B, Jl. Prof. DR. SatrioKav.18, Kuningan, Jakarta.

Alternatif Kantor Cabang Insureka! lainnya ada di Mall Artha Gading Lt.3, 3F/A.5/002, Jl. Artha Gading Selatan No.1, RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 021-22450100. Namun, ingat, tetap patuhi protokol kesehatan agar ancaman kasus Covid-19 tidak membesar dan menyebar. (*)